Beranda Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Terapkan Program Adiwiyata

Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Terapkan Program Adiwiyata

301
0
BERBAGI
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Eqberth C. Kopeuw (Foto: Vicktor Done)

Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School. Program ini  adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

JAYAPURA, NGK – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan kesadaran warga sekolah untuk pelestarian lingkungan hidup melalui Program Adiwiyata. Upaya mulai menampakkan hasil. SMP Negeri 2 Sentani  berhasil mendapatkan peringkat pertama Program Adiwiyata tingkat Provinsi Papua.

Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Eqberth C. Kopeuw, saat ditemui di salahsatu hotel di Sentani pada Senin, 21 Februari 2023 seusai kegiatan pengukuhan sekolah penggerak.

Menurut Eqberth C. Kopeuw, program Adiwiyata itu sangat penting dan sangat perlu untuk ditingkat. “Program Adiwiyata ini secara internasional disebut Green School. Ini salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” kata Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura itu.

Eqberth C. Kopeuw mengatakan, pentingnya program Adiwiyata sebagai upaya untuk membentuk dan perilaku agar dapat menjaga lingkungan hidup sejak dini. Untuk itu, sekolah-sekolah diharuskan menjalankan program Adiwiyata atau pendidikan lingkungan hidup diberbagai jenjang sekolah.

Program ini bukanlah hal yang baru bagi dunia pendidikan, Untuk Kabupaten Jayapura sendiri program ini telah berlangsung di beberapa sekolah.

“Ada kerindangan pohon, keindahan, kebersihan, kenyamanan dan keseimbangan lingkungan di lingkungan sekolah. Untuk tahun 2023, kami akan mendorong lima sampai 10 sekolah untuk program Adiwiyata. Seperti SMP Negeri 6, kita mendorong untuk menerapkan program ini,” ucap Eqbert.

Diharapkan, dengan program Adiwiyata, anak didik dapat paham tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, sehingga nantinya mereka kembali ke lingkungan keluarga, masyarakat atau lingkungan kerja mereka sudah punya pemahaman dasar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Eqber menjelaskan, lingkungan sangat membutuhkan perhatian manusia. Tanpa kepedulian manusia, kerusakan lingkungan dapat terjadi di mana-mana. Untuk itu, Program Adiwiyata merupakan langkah yang tepat untuk membentuk perilaku manusia sejak dini dalam menjaga lingkungan.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menitikberatkan pada lingkungan dan memiliki program nyata untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam kegiatan belajar-mengajarnya. Berikut adalah berbagai program menarik dalam kurikulum sekolah Adiwiyata.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan serta memiliki program nyata untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam kegiatan belajar-mengajar, atau istilah kerennya adalah Green School.

Sekolah Adiwiyata ini diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013. Dalam peraturan itu disebutkan bahwa sekolah Adiwiyata bisa berbentuk sekolah tingat dasar, menengah pertama, atau menengah atas dan sederajat, baik sekolah negeri yang dikelola pemerintah maupun swasta yang telah terakreditasi.Tujuan didirikannya sekolah Adiwiyata adalah mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. (Viktor Done)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here