Beranda Ko Su Tau Kah ? Perguruan Tinggi Diharapkan Mendukung Program Bupati Jayapura

Perguruan Tinggi Diharapkan Mendukung Program Bupati Jayapura

181
0
BERBAGI
Petermuan Dinas Komninfo Kabupaten jayapura dengan sejumlah Perguruan Tinggi di Jayapur. (Foto : Kominfo Kab Jayapura)

Sentani, NGK,- Bupati Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jayapura terus melakukan gebrakan. Kali ini, Dinas yang dikomandani oleh Gustaf Griapon ini melakukan pertemuan dengan sejumlah perguruan tinggi di Jayapura untuk mendukung Kebijakan Bupati Jayapura dalam pelaksanaan Program Distrik Membangun Membangun Distrik (DMMD).

“Program ini untuk menjadikan Distrik sebagai Pusat Data, Pusat Informasi, Pusat Pelayanan,Pusat Pelatihan dan Pusat Pemberdayaan,” ujar  Gustaf Griapon di Kantornya di Gunung Merah, Sentani (18/1).

Lebih lanjut, Gustaf menjelaskan, kebijakan Bapa Bupati  Jayapura ini sejalan dengan program Kampus Merdeka atau Merdeka Belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan.

“Saya memberikan  apresiasi dari semua kampus untuk siap mendukung kebijakan Bupati Jayapura Lewat Program Trima Darma Perguruan Tinggi, Kulia Kerja Nyata dan Pratek Kerja Lapangan,” kata Gustaf.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura itu, dihadiri oleh : Yulius Palumpun Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dan Manajemen Informatika (FIKOM-USTJ), Dirk Runtuboi Dekan FMIPA dari Universitas Cendrawasih Papua, Aninisagita.S.Dirgantari  Prodi  dari Universitas Muhammadiyah Papua, Amim M  Staf Prodi Prodi  dari Universitas Muhammadiyah Papua, Fegi Watimena, Dekan FST Universitas Ottouw  & Geisler Papua, Heru Sutejo  Wakil Ketua III dari STIMIK 10 November Jayapura, Nur Ain Banyal, Waket I STIMIK Umel Mandiri Jayapura dan Ari Widiastono, K.LP2M STIMIK Umel Mandiri Jayapura.

Foto : Komninfo Kab. Jayapura

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw kepada NGK pengtuatan peran distrik sangat penting untuk mengatasi ketertinggalan dan keterbatasan dalam pelayanan dasar dan sekaligus untuk mempercepat pengembangan sosial, budaya, dan ekonomi rakyat.

 

Mathius Awoitauw menjelaskan, penguatan peran distrik didasarkan pada semangat Distrik Membangun Membangun Distrik (DMMD)

“Kita harus mendukung distrik sebagai pusat data dan pelayanan publik, maka setiap pemerintahan distrik sudah harus segera menyiapkan data base yang akurat. “Jika kita tak punya data base, kita buat program dan tak sesuai kebutuhan, maka akan ada pemborosan waktu, tenaga dan biaya,” ujar Mathius Awoitauw.

Untuk itu, kata Mathius, data base di setiap pemerintahan distrik itu sangat penting, baik data penduduk luas setiap kampung dan batas-batasnya. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura telah meminta bantuan kepada Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA) untuk membantu melakukan pemetaan. Semua harus menjadi data base, termasuk data tentang tata ruang menurut adat,” kata Bupati. (Krist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here