Beranda Kabar dari Kampung (KDK) PT IBS Bangun Lagi 22 Site BTS BAKTI Non 3T di Kabupaten...

PT IBS Bangun Lagi 22 Site BTS BAKTI Non 3T di Kabupaten Jayapura

408
0
BERBAGI
Pembangunan BTS BAKTI KOMINFO N3T di Kampung Lapua Distrik Kaureh, Tower BTS sudah aktif pada 15 Oktober 2022, Speadt 2 MBS dengan Tinggi BTS 18 Meter. (Foto : Kominfo Kabupaten Jayapura)

Sampai November 2022, di Kabupaten Jayapura sudah ada 39 site.

 SENTANI, NGK–  Kabupaten Jayapura, terus menata-layani sistem komunikasi dan informasi dengan pemasangan Base Transceiver Station (BTS) dari kota hingga ke kampung-kampung yang terjauh dan terpencil.  Kali ini, Kabupaten Jayapura kembali mendapat tambahan pembangunan BTS BAKTI Non 3T sebanyak 22 Site.  Jadi sampai November 2022, di kabupaten Jayapura sudah ada 39 site.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST mengatakan sebanyak 17 Base Transceiver Station (BTS) Bakti Kominfo non 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), tahap pertama dibangun di Kabupaten Jayapura pada bulan Agustus 2022  oleh PT Infrastruktur Bisnis Sejahtera (IBS) selaku mitra Pemerintah Kabupaten Jayapura.

BTS

Dari 17 Site, yang sudah terkoneksi ada 13 Site. Dan  yang belum ada empat site yaitu, site Kampung Pagai dan Kampung Kamikaru di Distrik Airu, terkendala karena pendropan logistik  harus mengunakan helikopter dan dan perahu untuk distribusi logistik. Kemudian di Kampung Meukisi, Distrik Yokari terkendala dengan kemiringan tanah. Di Kampung Nandalzi, Distrik Unurumguay terkendala dengan di internal PT Waradana.

Kepa;a Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST

Gustaf Griapon menjelaskan, berdasarkan surat masuk ke dua dari PT IBS tertanggal 24 Oktober 2022, disebutkan, bhawa ada penambahan 11 site yang sudah berjalan dengan mulai pendropan material dan pekerjaan boplang. Pekerjaan ini dimulai pada 2 November 2022.

Site-site yang dibangun yaitu : Distrik Nimboran di Kampung Oyengsi, Yenggu Lama, Benyom, dan Imsar. Di Distrik Yapsi yaitu Kampung Bunduru, Ongan Jaya, dan Taqwa Bangun. Kemudian Distrik Nimbokrang di Kampung Hamonggrang. Sedangkan Distrik Waibu  di Kampung Dondai dan Kampung Yakonde.

Setelah itu, sesusai dengan surat masuk ke tiga dari PT IBS tertanggal 5 November 2022 disebutkan, pembanggunan BTS BAKTI N3T di Wilayah Kabupaten Jayapura tahap ke tiga akan mulai dibangun pada 7 November 2022, yaitu Distrik Kemtuk, di site Kampung Bengwin Progro, Kwansu, dan Nambom. Lalu di Distrik Yapsi di site Kampung Sarwa Jaya Dua, Nawa Mulia Dua, dan Taqwa Bangun Dua. Kemudian di Distrik Namblong di Site Kmpung Sarmai Atas. Distrik Ebungfauw di Site Kampung Abar. Distrik Sentani Timur di Site Kampung Puay. Distrik Demta di site Kampung Demta. Dan di Distrik Yokari di site Kampung Buseryo.

Untuk kelancaran pembangunan ini, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon meminta dukungan kepada Ondoafi, Ondofolo, Kepala Kampung, Kepala Distrik, Tokoh Pemuda, Perempuan, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Polsek dan Koramil serta Anggora DPR Kabupaten Jayapura dari Dapil masing-masing, agar dapat menjaga dan mengawal pembangunan tersebut dari awal sampai akhir.

Gustaf juga meminta kepada para pekerja dari Mitra PT IBS untuk harus bisa membaur dengan semua warga di kampung yang menjadi tempat mereka bekerja.  Bahkan dalam pekerjaan pembangunan BTS BAKTI Kominfo N3T ini, harus melibatakan penduduka lokal dan untuk pengadaan logistik berupa pasir batu, kayu dan papan bisa dibeli dari masyarakat lokal, sehingan ada perputaran ekonomi yang terjadi pada saat pembangunan ini dijalankan. “Hal ini sudah disangupi oleh PT IBS dan Mitranya yaitu PT Waradana,” kata Gustaf Griapon. (Kominfo Kab Jayapura/KA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here