Beranda Lingkungan Jangan Jadikan Danau Sentani Tempat Sampah Raksasa

Jangan Jadikan Danau Sentani Tempat Sampah Raksasa

430
0
BERBAGI
Jan Jap Ormuseray, SH., MSi., Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua saat memberikan sambutan pada HPSN 2023 di Halaman Kantor Klasis Sentani.

Danau Sentani yang panoramanya elok itu, kini menjadi tempat sampah bagi masayarakat di sekitar kawasan Waena di Kota Jayapura dan kawasan Sentani di Kabupaten Jayapura.  Kenyataan inilah yang membuat Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua (DKLH) Provinsi Papua,  Jan Jap Ormuseray, SH., MSi mengajak semua pihak untuk selamatkan Danau Sentani dan Pegunungan Cycloop.

JAYAPURA, NGK – Danau Sentani yang luasnya sekitar 9.360 hektar itu yang memanjang dari wilayah Kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura.  Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dan terdapat kurang lebih 34 sumber mata air yang mengalir  dari Pegunungan Cycloop  dan menjadi muara dari 14 sungai besar dan kecil yang ada.

Keberadaan danau ini, secara perlahan-lahan mulai terusik dengan hadirnya sampah dari kawasan di sekitar Waena di Kota Jayapura dan kawasan Sentani di Kabupaten Jayapura. Bahkan ada kecenderungan, Danau yang panoramanya indah itu, airnya mulai tercemar.

Kenyataan ini menjadi tantangan bagi Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup ( DKLH ) Provinsi Papua dan Klasis GKI Sentani untuk memerangi sampah di Danau Sentani.

 

Peringatan Hari Sampah Nasional

Untuk itu, pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 yang digelar pada Rabu, 21 Februari 2024 di Halaman Kantor Klasis Sentani, persoalan sampah di Danau Sentani  mendapat perhatian serius dari Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua (DKLH) Provinsi Papua,  Jan Jap Ormuseray, SH., MSi.

Peringatan hari HPSN yang digelar mendapat perhatian dengan aksi pungut sampah dan penanaman pohon oleh DKLH, PW GKI Klasis Sentani dan juga para pegiat lingkungan hidup, menjadi atensi bersama dalam memerangi sampah.

Pada apel persiapan aksi Jan Jap Ormuseray, SH., MSi., mengajak semua pihak di Kabupaten Jayapura peduli akan Danau Sentani dengan tidak membuang sampah Sembarangan.

“kami menghimbau untuk semua pihak di Sentani, supaya jangan jadikan Danau Sentani sebagai tempat sampah raksasa. Danau itu rumah kita, tempat hidup,” ucap Jan Ormuseray.

Himbauan tersebut itu tidak terlepas dari perilaku manusia yang selalu membuang sampah Sembarangan, tidak tepat pada tempatnya, sehingga terbawa air dan menuju ke Danau Sentani lalu mencemari dan mengganggu keberlangsungan hidup makhluk di danau, termasuk manusia yang keberlangsungan hidup bergantung pada danau.

Terlebih khusus himbauan itu kepada masyarakat yang hidup dan tinggal di perkotaan, di harapkan bijaklah dalam mengelola sampah, tidak semua sampah itu harus dibuang, ada sampah yang bisa di daur ulang dan dapat memberikan dampak ekonomi.

Hal tentang sampah juga kini menjadi perhatian juga dari pihak gereja, seperti yang disampaikan oleh Pdt. Albert Suebu, S.SI., Ia juga mengajak warga gereja harus mulai sekarang sediakan tempat sampah di rumah masing-masing dan nantinya buang sampah itu pada tempatnya.

Lanjutk Pdt.Albert Suebu, juga berpesan jika ada sampah yang bisa di manfaatkan kembali atau daur ulang, jangan langsung dibuang, harus dimanfaatkan. (Viktor Done/KA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here