Beranda Ko Su Tau Kah ? Musik dari Rumah untuk Alam dan Budaya Papua

Musik dari Rumah untuk Alam dan Budaya Papua

204
0
BERBAGI
Para Yuri PGSC 2020 (Foto : Bantara Papua)

Bentara Papua Kembali Buka Pendaftaran Papua Green Sound and Culture 2020

Manokwari,-NGK– Festifal untuk menyuarakan perlindungan alam dan budaya di Tanah Papua kembali digelar. Kali ini, festifal yang diberi nama Papua Green Sound & Culture (PGSC) 2020 akan diselenggarakan oleh Bentara Papua.

Hal ini diungkapkan penanggung jawab kegiatan PGSC 2020, Wahyudi, dalam keterangan persnya yang dikirim ke NGK (20/7). Menurut Wahyudi,  Bentara Papua sebagai wadah berkumpulnya para pemusik dari berbagai genre untuk menyuarakan perlindungan alam dan juga budaya yang ada di Tanah Papua.

Wahyudi menjelaskan, PGSC hadir sebagai upaya menggerakan generasi muda Papua untuk menghadirkan lagu-lagu, nyanyian dan video yang bisa membangkitkan semangat kecintaan pada alam dan budaya.

Menurut Wahyudi, musik dikenal sebagai bahasa universal yang dapat diterima oleh siapa saja. Oleh sebab itu festival ini merupakan sarana anak muda mengambil ruang dalam menuangkan kreativitas mereka dan juga sebagai ajang komunikasi dalam upaya memperluas gerakan perlindungan alam dan budaya Papua ke area yang lebih luas.

Wahyudi, Penanggungjawab PGSC 2020 (Foto : Bantara Papua)

“Festival tahun ini mengusung tema ‘Musik dari Rumah Untuk Alam dan Budaya Papua’. Pesan yang ingin disampaikan bahwa menyuarakan perlindungan alam dan budaya Papua di masa Pandemik Covid-19 masih tetap bisa bisa dilakukan, dengan berkarya dan menyuarakan perlindungan alam dan budaya melalui musik walaupun hanya dari rumah,” kata Wahyudi.

Peserta PGSC tahun ini hanya untuk Papua dan Papua Barat, tapi anak Papua yang berada di luar bisa ikut serta. Hanya dengan mengirimkan dokumen pendaftaran dan satu karya lagu dalam format video MP4 ke https://bit.ly/DaftarPGSC2020.

Batas akhir pengiriman dokumen pendaftaran paling lambat 31 Juli 2020. Pengumuman lima besar akan dilakukan pada 6 Agustus 2020. Pengumuman pemenang PGSC tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan hari “Masyarakat Adat Sedunia” pada 9 Agustus 2020 dan akan dilakukan secara Virtual dengan dimeriahkan live musik dari Iksan Skuter, Miki Idol dan Delian “Beko Wuu” Dogopia.

Final PGSC ini dapat dinikmati secara gratis melalui kanal youtube Bentara Papua.

Bagi para peserta yang berminat mengikuti kegiatan ini dapat menghubungi kontak person Bentara Papua: Whastapp 08114864692, website www.bentarapapua.com, instragram pacebentara, facebook (bentara papuana) dan email : pgsc.bentarapapua@gmail.com. “Tong Tunggu Kam Pu Karya, Lama Lewat,” kata Mulyadi. (*/krist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here