Beranda Politik Jan J. Ormuseray Bakal Maju sebagai Calon Bupati Jayapura

Jan J. Ormuseray Bakal Maju sebagai Calon Bupati Jayapura

395
0
BERBAGI

Pertarungan bakal sengit pada pusaran Pilkada Kabupaten Jayapura lantaran masing-masing bakal calon, akan menurunkan jurus-jurus politiknya untuk menarik simpati partai politik sebagai pengusung dan masyarakat kabupaten Jayapura, sebagai pemilih yang mempunyai hak untuk memilih calon terbaik untuk masuk dan mengendalikan pemerintahan dan pembangunan kemasyarakatan di Kabupaten Jayapura.

JAYAPURA, NGK – Tinggal enam bulan lagi, tepanya, minggu ke empat Agustus, KPU Kabupaten Jayapura, makan menerima pendaftaran Calon Bupati (Cabub) Jayapura. Untuk itu, Jan Jap Ormuseray, SH, MSi disebut-sebuat bakal maju sebagai calon Bupati Jayapura 2025 -2029.

Nama Jan Jap Ormuseray, SH., MSi  yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua (DKLH) Provinsi Papua,  disebut-sebut bakal maju sebagai Cabub lantaran sudah mendapat signal dari aktivis lingkungan hidup dunia, Barnabas Suebu, bahwa masyarakat di Kabupaten Jayapura diminta memilih Bupati yang cinta lingkungan dan sudah berupaya untuk menyelematkan Pegunungan Cycloop.  

“Pilih pemimpin yang cinta lingkungan dan juga yang sudah memimpin untuk menyelamatkan Cycloop. Kamu sudah tau toh siapa dia. Kita harus pilih pemimpin yang cinta dan mengerti tentang lingkungan,” begitulah pesan Barnabas Suebu mantan Gubernur Papua kepada Jurnalis di salah satu Hotel di Jayapura, belum lama ini.

Permintaan Barnabas Suebu itu ditanggapi serius oleh Ketua Klasis GKI Sentani, Pdt. Albert Suebu, S.Si karena Pegunungan Cycloop itu jantung kehidupan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, Ketua Klasis Sentani menyatakan dengan tegas, bahwa masyarakat Kabupaten Jayapura harus memilih Bupati yang cinta lingkungan serta masih berupaya menyelamatkan Cycloop dari ancaman kehancuran.

Pernyataan Hamba Tuhan ini disampaikan pada Rabu, 21 Februari 2024 di Halaman Kantor Klasis Sentani seusai kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Kepada jurnalis, Pdt. Albert Suebu.

”Jika pemerintah kita di Kabupaten Jayapura yang tidak memiliki hati kepada lingkungan hidup ini akan susah, Karena itu dalam rangka pemilihan atau penetapan ke depan, figur – figur yang kita lihat untuk jadi kepala pemerintahan di Kabupaten Jayapura, haruslah orang yang punya hati kepada lingkungan. Supaya bisa memperhatikan lingkungan yang Tuhan ciptakan di daerah ini, ” tutur Pdt. Albert Suebu.

Selain itu, pada kesempatan yang lain, Barnabas Suebu menyatakan, “Saya minta, penduduk di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, supaya jangan memberikan hak politiknya atau memilih bakal calon atau calon walikota dan Bupati Jayapura yang tidak punya rekam jejak untuk menyelamatkan Mangrove yang ada di Taman Wisata Alam Teluk Youtefa dan Cagar ALam Cycloop,” tegas Bas Suebu, ketika berbincang-bincang dengan jurnalis New Guinea Kurir di salah satu hotel di Jayapura, Selasa (8/8/23).

Menurut Bas Suebu, kondisi hutan mangrove di Teluk Youtefa, Kota Jayapura dan Cagar ALamat Cycloop yang terbentang dari Pasar enam di Kota Jayapura hingga Maribu di Kabupaten Jayapura, kondisinya sangat kritis dan kondisi ini menjadi ancaman bagi penduduk di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

“Jadi kalau ada calon walikota atau calon Bupati Jayapura yang tidak punya rekam jejak untuk menyelamatkan mangrove dan Cycloop, saya minta supaya rakyat jangan pilih dia,” tegas Bas Suebu.

Selain itu, muncul juga dukungan dari berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, Jan Jap Ormuseray, SH, MSi disebut-sebuat bakal maju sebagai calon Bupati Jayapura 2025 -2029.

Ilustrasi Jawa Pos

Sementara itu, ada sejumlah nama yang disebut-sebut bakal bertarung dalam percaturan politik Pilkada di Kabupaten Jayapura. Mereka itu adalah :

  1. Hana S. Hikoyabi, S.Pd – Sekda Kabupaten Jayapura
  2. Kristian Epa, Sos – mantan Kepala Sub Dinas Retribusi Pajak dan Pendapatan Lain-lain pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jayawijaya
  3. Orgenes Kawai – Ondofolo Kampung Bambar

Tampaknya, pertarungan bakal sengit lantaran masing-masing bakal calon, akan menurunkan jurus-jurus politiknya untuk menari simpati partai politik sebagai pengusung dan masyarakat kabupaten Jayapura, sebagai pemilih yang mempunyai hak untuk memilih calon terbaik untuk masuk dan mengendalikan pemerintahan dan pembangunan kemasyarakatan di Kabupaten Jayapura. (Krist A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here