Beranda PEMILU 2024 Jan Jap Ormuseray, Layak Jadi Bupati Jayapura

Jan Jap Ormuseray, Layak Jadi Bupati Jayapura

543
0
BERBAGI
Ketua Dewan Adat (DAS) Yewena Yosu, Johanes Jonas Mentanaway (Foto: Detikcom)

Berbagai kalangan di Kabupaten Jayapura mulai menyatakan sikap untuk mendukung Jan Jap Ormuseray sebagai figur yang pantas dan layak untuk jadi Bupati Jayapura.

JAYAPURA, NGK – Sejumlah nama bakal calon Bupati Jayapura terus dimunculkan. Dari sederatan nama itu, hanya Jan Jap Ormuseray yang dinilai sebagai figur yang pantas dan layak jadi Bupati Jayapura. Penilaian ini sudah muncul dari Sesepuh Tanah Papua, Barnabas Suebu, Ketua Wilayah 1 Sinode GKI di tanah Papua – Pdt.Frans Mambrasar,S.TH.MM, Ketua Klasis GKI Sentani – Pdt. Albert Suebu, S.Si.  Dan kali kini, pernyataan itu, muncul dari enam kampung melalui Ketua Dewan Adat (DAS) Yewena Yosu, Johanes Jonas Mentanaway.

Jan Jap Ormuseray itu pribadi yang sangat sederhana, suka membantu, sangat mengayomi masyarakat, selalu membantu untuk pertumbuhan dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan sangat konsisten menjaga dan melindungi lingkungan hidup, khususnya Cagar Alam Pegunungan Cycloop,” ujar Ketua DAS Yewena Yosu, Johanes Jonas Mentanaway yang ditemui NGK di Sentani (14/3/2024).

Lebih lanjut Johanes Jonas Mentanaway menagaskan, bahwa enam kampung yang berada di bawah Dewan Adat Yewena Yosu, akan mengusung dan memilih Jan Jap Ormuseray sebagai Bupati Jayapura periode 2025 – 2029.

“Selain kami di Yewena Yosu, ada sejumlah kampung dari dewan adat di kawasan Distrik Depare secara diam-diam sudah menyatakan mendukung Ormuseray. Untuk itu, kami sedang menunggu pernyataan sikap dari Jan Jap Ormuseray, bahwa dia benar-benar mau maju sebagai Calon Bupati Jayapura,” kata Ketua DAS Yewena Yosu, Johanes Jonas Mentanaway.

Sikap Ketua DAS Yewena Yosu sejalan dengan sesepuh Tanah Papua yang juga aktivis sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup Dunia serta mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu, bahwa masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk memilih Bupati yang dapat dan sudah berusaha menyelematkan Cycloop.

“Pilih pemimpin yang cinta lingkungan dan juga yang sudah memimpin untuk menyelamatkan Cycloop. Kamu sudah tau toh siapa dia. Kita harus pilih pemimpin yang cinta dan mengerti tentang lingkungan,” begitulah pesan Barnabas Suebu kepada NGK di salah satu Hotel di Jayapura, belum lama ini.

Pernyataan Barnabas Suebu itu diingatkan kembali oleh Ketua Klasis Sentani, Pdt. Albert Suebu pada pada Rabu, 21 Februari 2024 di Halaman Kantor Klasis Sentani seusai kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Kepada jurnalis, Pdt. Albert Suebu mengucapkan apa yang disampaikan oleh Barnabas Suebu itu sangat penting untuk kita semua.

” Jika pemerintah kita di Kabupaten Jayapura yang tidak memiliki hati kepada lingkungan hidup ini akan susah, Karena itu dalam rangka pemilihan atau penetapan ke depan, figur – figur yang kita lihat untuk jadi kepala pemerintahan di Kabupaten Jayapura, haruslah orang yang punya hati kepada lingkungan. Supaya bisa memperhatikan lingkungan yang Tuhan ciptakan di daerah ini, ” tutur Pdt. Albert Suebu.

Pernyataan Bas Suebu dan Ketua Klasis itu mengingatkan kita supaya kita benar-benar menentukan pemimpin yang sangat paham dan peduli dengan lingkungan, karena masalah lingkungan adalah masalah yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup kita manusia.

Sementara itu, Ketua Wilayah 1 Sinode GKI di tanah Papua – Pdt.Frans Mambrasar,S.TH.MM perna menyatakan, bahwa Jan Jap Ormuseray adalah salah satu anak Tuhan yang sangat peduli terhadap pertumbuhan pelayanan umat gereja dan umat beragama sehingga dia layak dan pantas jadi Bupati Jayapura. (Krist A/Acer N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here